Rabu, 03 April 2013

Bulan Mei, Railbus Bakal dioperasikan

Upaya dalam melayani kebutuhan transportasi masyarakat Sumatera Barat, PT Industri Kereta Api membuat railbus (bus rel, red) Inka Madiun dengan kapasitas 150 kursi, kini tinggal menunggu bulan saja. Pasalnya, berdasarkan keterangan dari Firdaus Ilyas, kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, railbus yang awalnya ditujukan dari Stasiun Simpang Haru menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM), hingga akhirnya sampai ke Kota Pariaman, bakal dioperasikan pada bulan Mei mendatang.

"Dari segi SDM-nya sudah ada dan sudah dipersiapkan, sekarang tinggal pembuatan relnya lagi, dan berkemungkinan bakal dioperasikan pada bulan Mei mendatang," ujar Firdaus Ilyas, kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, saat dihubungi via telpon, Rabu (3/4).

Dilanjutkan, sebenarnya pada awalnya jalur railbus ini hanya dari Stasiun Simpang Haru menuju BIM saja, tetapi melihat di Kota Pariaman memiliki tempat wisata yang hebat, maka dilanjutkan menuju ke Kota Pariaman.

" Selain itu, tentang tarif untuk menaiki railbus tersebut, hingga saat ini saya belum diketahuinya, karena pemerintah dan Dinas Perhubungan Sumatera Barat lah yang akan membicarakan hal yang demikian. Saya mendengar bahwa untuk penumpang railbus, tarifnya akan diberikan subsidi, namun sebagai pertimbangan, berkemungkinan saja tarifnya lebih mahal dari kereta api, karena memiliki fasilitas yang lengkap," katanya. (*)
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar